Bayi saya alergi susu sapi dan soya

Bayi saya berumur 9 bulan, awalnya mengkonsumsi asi dan sudah terlihat jika dia alergi pipinya merah jika saya makan makanan spt susu sapi, ayam, kacang, dll. Lalu krn beratnya susah naik pada umur 6 bulan dokter menyuruh mengganti sufor. Saya mencoba nutrisoya dan nutrilon royal prosyneo tetapi tetap merah pipinya. Saya harus ganti susu apa ya? Skrg ini msh asi tp berat badan tidak mau naik sehingga usia 9 bulan masih 7 kilo. Mohon sarannya. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Halo, sobat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online tanyadok.
Berat badan 7kg di usia 9 bulan termasuk kategori gizi kurang. Pada beberapa anak yang memiliki alergi susu sapi memang dapat alergi pula terhadap susu soya. Susu bukan merupakan makanan utama pada anak usia 9 bulan, anak sudah dapat diberikan bubur atau pun maknan lembek / lunak. Pada anak dengan alergi susu sapi dan susu soya dapat diberikan susu khusus alergi dengan protein yang terhidrolisis atau partial. 
Saya sarankan sobat untuk berkonsultasi kembali ke dokter anak untuk mengejar berat badan anak yang kurang. Nantinya pun dokter spesialis anak akan memberikan susu formula khusus untuk mengejar berat badan anak dan aman untuk dikonsumsi pada anak dengan alergi susu sapi & soya.
Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.