susah makan pada anak

Selamat sore,

Saya ibu dari 2 anak. Anak pertama umur 3thn,dia dari awal mpasi susah sekali makan tp kalau buah2an,roti selain nasi dia doyan. makin besar makin susah makannya. sehari makan 2x makan berat dan setiap kali makan kurang dari 10 suap.
kemudian anak saya yg kedua umur 1thn.
awal mpasi makannya banyak dan lahap,makin besat nafsu makan berkurang. tp kalau dikasih selain nasi dia doyan.
saya dapet info dari group ibu2 yg punya balita jg dan menyarankan untuk kasih maltofer.
Apakah saya mengikuti sarannya? atau saya cek lab. dulu seperti adb,dll?
mohon bantuannya

thanks

1 Jawaban Dokter

Staff 22/06/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Penyebab sulit makan sangat bervariasi antara lain penyakit/kelainan organik yang mendasari, interaksi biologis dan faktor lingkungan terutama keluarga. Penyebab yang paling banyak dijumpai adalah pemberian nutrisi yang kurang tepat mengenai komposisi makanan, tekstur maupun tatacara pemberiannya. Tipe makanan juga perlu diperhatikan yaitu, hindari pemberian susu terlalu banyak. Susu terlalu banyak sudah pasti akan mengurangi nafsu makan anak karena mereka sudah akan merasa terlalu kenyang untuk makan dengan porsi yang cukup.
Apabila anak mengalami kesulitan makan ada beberapa hal yang perlu dilakukan, sesuai dengan feeding rules menurut Bonnin yaitu:
Jadwal
o   Jadwal makanan utama dan makanan selingan (snack) yang teratur
o   Pemberian makan sebaiknya tidak > 30 menit
o   Jangan menawarkan camilan yang lain saat makan kecuali minum
Lingkungan
o   Lingkungan yang menyenangkan (tidak boleh ada paksaan untuk makan)
o   Siapkan serbet untuk alas makan agar tidak berantakan
o   Tidak ada distraksi (mainan, televisi, perangkat permainan elektronik) saat makan
o   Jangan memberikan makanan sebagai hadiah
Prosedur
o   Berikan makanan dalam porsi kecil
o   Berikan makanan utama dulu, baru diakhiri dengan minum
o   Dorong anak untuk makan sendiri
o   Bila anak menunjukkan tanda tidak mau makan (mengatupkan mulut, memalingkan kepala, menangis), tawarkan kembali makanan secara netral, yaitu tanpa membujuk ataupun memaksa
o   Bila setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan, akhiri proses makan
o   Hanya boleh membersihkan mulut anak jika makan sudah selesai
Si Kecil adalah peniru yang sangat handal. Ajaklah anak Sobat duduk bersama di meja makan pada saat keluarga makan malam. Si Kecil akan mulai memperhatikan proses makan dan akan muncul ketertarikan untuk mencoba makanan yang tersedia. Perhatikan apakah Sobat atau pasangan Sobat mempunyai kebiasaan buruk untuk memilih-milih makanan (atau tidak suka/tidak pernah makan suatu jenis makanan). Jika iya, kemungkinan Si Kecil meniru kebiasaan buruk Sobat. Jadwal pemberian makan yang teratur tidak kalah pentingnya untuk menambahkan nafsu makan seorang anak. Dengan jadwal makanan berjarak minimal 3 jam di antara makan, kita dapat menimbulkan siklus lapar dan kenyang sehingga anak akan makan cukup saat waktunya makan. 
Setiap anak unik sehingga pendekatan kepada mereka perlu disesuaikan dengan karakteristik mereka masing-masing. Jika Si Kecil sudah bisa diajak berkomunikasi, tanyakan apa masalah mereka dan mengapa mereka tidak ingin makan. Cari tahu makanan kesukaannya, makanan yang kurang disukai dan mengapa? Perhatikan variasi makanan yang diberikan ke anak, apakah anak bosan dengan makanan yang diberikan sehari-hari?. Hindari bermain saat makan, namun buatlah proses makan menyenangkan dengan memberikan mereka variasi makanan dengan berbagai warna dan bentuk. Pastikan anak Sobat duduk pada satu tempat dan tidak bermain gadget saat sedang makan.
Maltover merupakan vitamin penambah zat besi dan diberikan pada orang yang mengalami kekurangan zat besi, jadi sebaiknya kami sarankan untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut. Kami harapkan untuk tidak memberikan obat maupun vitamin tanpa konsultasikan ke dokter.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.