1 Jawaban Dokter

Staff 17/06/2020
Public

Halo Sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok
Dermatitis seboroik (DS) merupakan kelainan inflamasi kulit di area seboroik yaitu daerah wajah, kepala, telinga, badan bagian atas dan lipatan tubuh dapat berupa lesi kemerahan dan skuama (sisik), bersifat kronik-residif, sedangkan ketombe adalah DS derajat ringan berupa skuama pada kulit kepala. DS dapat disebabkan banyak faktor, salah satunya berupa kolonisasi jamur yaitu Malassezia.
Prinsip utama tatalaksana ketombe dan dermatitis seboroik di skalp adalah untuk mengontrol kondisi kulit kepala agar nyaman dengan biaya seminimal mungkin. Prinsip tatalaksana perawatan rambut pada ketombe dan DS adalah pengobatan harus dapat diterima secara estetik; yaitu dapat digunakan bersama dengan bahan perawatan rambut harian yang akan meningkatkan kepatuhan dan keberhasilan pengobatan. Pengobatan DS dibagi berdasarkan berat ringannya penyakit, obat sistemik digunakan pada kasus DS sedang dan berat. 
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketombe, di antaranya:

  • Jaga kebersihan kepala dengan rutin keramas dan gunakan sampo antiketombe setidaknya 3 kali dalam seminggu. Atau coba gunakan obat ketombe yang dijual bebas atau sesuai resep dokter. Shampo yang berisi antijamur juga dapat diberikan atas petunjuk dokter
  • Membatasi penggunaan produk perawatan rambut, seperti hairspray dan gel
  • Menghindari stress.
  • Kurangi makanan tinggi gula dan garam

Semoga membantu..

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.