Perut sakit, Mual, Pusing dan Lemas

saya mengalami sakit perut ( bukan di daerah lambung ), saya hari ini makan sayur normal, tetapi semalam saya makan nasi goreng pedas. Hingga sekarang perut saya sakit, mual, sedikit pusing dan lemas. saya sakit apa ya dok dan harus minum obat apa ?

1 Jawaban Dokter

Staff 09/06/2020
Public

Selamat malam, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Nyeri perut merupakan rasa sensasi sakit pada bagian perut. Bagian perut terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Bagian atas dan bawah terbagi lagi menjadi perut bagian atas kanan, tengah, atau kiri, dan perut bagian bawah kanan, tengah, maupun kiri. Untuk itu harus diketahui terlebih dahulu bagian perut mana yang terasa sakit. Adapun rasa nyeri perut dapat dirasakan berbeda-beda, ada nyeri perut yang terasa perih, mules, perut terasa penuh, kembung, dll. Pada umumnya nyeri perut dapat sembuh sendiri, namun ada yang perlu minum obat. Untuk sementara kami sarankan untuk makan teratur, hindari makan pedas, maupun makanan asam, porsi makan tidak lebih banyak maupun lebih sedikit dari sebelumnya. 
Mohon maaf sebelumnya, kami tidak dapat memberikan diagnosis dan terapi dikarenakan kami tidak memeriksa fisik Sobat. Oleh karena itu, jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.