1 Jawaban Dokter

Staff 03/06/2020
Public

Halo Sobat,

Karang gigi merupakan tumpukan plak pada permukaan gigi yang terbentuk dari sisa-sisa makanan dan minuman yang kita konsumsi sepanjang hari. Jika gigi tidak dibersihkan dengan tepat, plak akan berkumpul, mengeras, dan akhirnya membentuk karang gigi. 

Karang gigi memang harus rutin dibersihkan, karena bakteri yang hidup di pori-pori karang gigi dapat mengakibatkan masalah kesehatan di mulut (radang gusi, gigi berlubang, bau napas tak sedap, dan lainnya). 

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah lama dan mengeras adalah dengan mendapatkan perawatan langsung oleh dokter gigi. Saat yang tepat untuk menghilangkan karang gigi berbeda-beda sesuai dengan kondisi mulut dan gigi setiap orang. Namun sesuai rekomendasi dari dokter gigi sebaiknya bersihkan karang gigi minimal enam bulan sekali. Jika menumpuk terlalu lama akan menyebabkan karang gigi menjadi lebih keras sehingga saat proses pembersihan, lapisan gigi berisiko terkikis lebih banyak. 

Berikut tips cara pencegahan dan menghilangkan karang gigi:

  • Gosoklah gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari (terutama setelah makan dan sebelum tidur) selama minimal dua menit.
  • Gunakan pasta gigi yang tepat sesuai kondisi gigi (gigi sensitif atau tidak)
  • Gunakan benang pembersih gigi. Sisa makanan sering kali berada di tempat yang tidak bisa dijangkau sikat gigi, misalnya di sela-sela gigi. Untuk mencegah penumpukan karang gigi di sela-sela gigi, bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang pembersih. Lakukan secara teratur setidaknya sehari sekali sebelum menyikat gigi.
  • Gunakan cairan obat kumur. Jangan gunakan obat kumur (terutama yang fluoride) langsung setelah menyikat gigi, karena pasta gigi yang tertinggal di gigi akan ikut terbasuh (zat di pasta gigi yang seharusnya untuk menjaga kesehatan gigi).

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.