1 Jawaban Dokter

Staff 23/05/2020
Public

Halo Sobat,
Dari sedikit info yang Sobat berikan,
Berikut ini beberapa penyebab munculnya bintik kecil di penis:

  • Pearly penile papules¬†adalah benjolan berukuran kecil, berwarna sama dengan kulit sekitarnya, dan biasanya ditemukan pada area ujung penis. Benjolan ini merupakan sesuatu yang normal, dan bukan disebabkan oleh penyakit menular seksual atau akibat buruknya kebersihan tubuh. Benjolan ini tidak menimbulkan keluhan dan biasanya akan hilang sendiri tanpa pengobatan.
  • Bintik Fordyce merupakan bintik-bintik kekuningan atau putih kecil yang biasanya terdapat di daerah ujung atau batang penis. Biasanya, benjolan di penis jenis ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan.
  • dan lainnya

Untuk mengetahui penyebab pasti dari setiap keluhan dan gejala yang ada di tubuh kita, harus dilakukan wawancara lengkap dan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama jika disertai dengan munculnya nyeri, pembengkakan, keluar cairan yang tidak normal, serta terdapat darah di dalam urine atau sperma, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin. Walaupun kebanyakan benjolan di penis bisa sembuh sendiri tanpa perawatan, bukan berarti pemeriksaan langsung oleh dokter tidak diperlukan.
Sebelum Sobat datang berkonsultasi langsung dengan dokter, Sobat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan penis dan tidak melakukan perilaku seks berisiko tinggi.
 
Terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok, Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.