keputihan tidak wajar

umur saya 19 tahun dok belum pernah melakukan hubungan seksual, namun saya mengalami keputihan tidak normal seperti berwarna kuning,bau,kenyal,jumlah nya yang banyak,biasa jg kering namun warna nya tetap kuning, gatal,dan hangat terasa ketika ingin kluar. hampir setiap hari saya mengalaminya, apa yang harus saya konsumsi dok dan obat apa

1 Jawaban Dokter

Staff 20/05/2020
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Keputihan adalah semua pengeluaran cairan dari alat genitalia yang tidak berupa darah. Keputihan ini dapat bersifat normal dan tidak normal. Normal jika cairan yang keluar jernih, tidak berbau, dan tidak gatal, sedangkan yang tidak normal cairan berwarna putih susu, kuning kehijauan, berbau tidak sedap, gatal, dan terasa panas. Keputihan yang normal dapat terjadi karena bayi baru lahir, saat akan haid, saat akan ovulasi, kehamilan, sedangkan keputihan yang tidak normal dapat terjadi dikarenakan adanya infkesi (jamur, bakteri, parasit, virus), benda asing (kondom yang tertinggal, sisa pembalut atau kapas yang tertinggal), adanya tumor jinak, atau kanker dan menopause.
Untuk sementara, jika gatal jangan digaruk, pakai celana dalam yang menyerap keringat, jaga kemaluan untuk tetap kering (jangan lembap), pakai celana yang longgar, basuh kemaluan dari depan ke belakang (jangan bolak-balik), jangan pakai sabun atau pembersih yang wangi pada kemaluan, basuh dengan menggunakan air hangat. Jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kulit kelamin untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.