Batuk disertai dahak

Saya mengalami batuk disertai dahak, terkadang berwarna putih dan kuning. Saya juga pilek. Sudah 1 bulan lebih saya mengalami hal ini. Ketika batuk, perut saya juga terasa tertarik. Lalu apa yang harus saya lakukan dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 11/05/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing maupun lendir dari saluran nafas bagian atas serta paru-paru. Batuk juga bisa diidentifikasikan reaksi tubuh terhadap iritasi pada saluran nafas. Batuk berdahak ditandai dengan adanya dahak atau lendir baik yang mudah atau bisa dikeluarkan atau dahak yang sulit dikeluarkan. Lendir atau dahak tersebut sampai ditenggorokan karena berasal dari hidung/sinus, dan paru-paru. Berikut faktor yang dapat menyebabkan batuk berdahak :

  • Influenza, semua orang pernah mengalaminya. Timbulnya batuk saat flu dipicu oleh lender yang mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan. 
  • Infeksi paru-paru atau saluran napas bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk berdahak mungkin merupakan gejala pneumonia, bronkitis, sinusitis, atau TBC.
  • Batuk berdahak bisa menjadi tanda bahwa penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) semakin buruk atau bahwa sedang terjadi infeksi.
  • Jenis batuk ini mungkin merupakan gejala dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung sampai ke tenggorokan sehingga merangsang batuk dan kondisi seperti ini sering kali dapat membangunkan Anda dari tidur.
  • Nasal discharge (postnasal drip). Biasanya terjadi pada pasien sinusitis dimana cairan kental dari sinus mengalir ke tenggorokan paling sering terasa pada pagi hari ketika bangun tidur. Hal ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau perasaan bahwa Anda terus-menerus perlu untuk membersihkan tenggorokan.
  • Merokok atau penggunaan tembakau lainnya. Batuk berdahak pada orang yang merokok atau menggunakan bentuk lain dari tembakau sering merupakan tanda kerusakan paru-paru atau iritasi pada tenggorokan dan juga kerongkongan.
  • Alergi

Untuk sementara yang dapat dilakukan Sobat yaitu, perbanyak minum air hangat atau sari buah yang akan menolong membersihkan tenggorokan, hindari minum soda dan kopi, stop merokok, hindari makanan yang merangsang tenggorokan (makanan dingin dan berminyak), tablet hisap pelega tenggorokan dapat meredakan iritasi tenggorokan dan dapat membantu mencegah batuk kalau tenggorokan sedang perih atau gatal, minum obat batuk sesuai indikasi. Jika sudah minum obat tidak ada perubahan atau keluhan semakin memberat kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.