1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Tidak ada waktu khusus untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Suhu tubuh normal berkisar di 36.5-37.5 C. Keakuratan suhu tubuh bergantung pada jenis termometer yang digunakan, lokasi pengecekan, dan tehnik yang dilakukan. Ada beberapa jenis termometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh, berikut adalah bberapa jenis termometer yang paling sering digunakan ;

  • Termometer ketiak : Jenis ini sangat banyak digunakan. Termometer ini tidak seakurat termometer yang digunakan pada mulut, anus, ataupun telinga. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, gunakan termometer di kedua ketiak dan ambil angka rata-rata dari hasil dua pengukuran tersebut.
  • Termometer oral :  Melakukan pengukuran suhu di mulut karena dianggap dapat merepresentasikan suhu tubuh dengan akurat. Cara penggunaannya adalah dengan meletakkan ujung termometer di bagian bawah lidah dan tutup mulut hingga alat mengeluarkan bunyi tertentu.
  • Termometer rektal : Jenis termometer ini digunakan melalui rektum atau anus, lebih cocok digunakan untuk bayi dan anak-anak. Termometer rektal merupakan salah satu cara pengukuran suhu tubuh yang paling akurat. Sebelum pemakaian, bersihkan termometer terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Lalu, lapisi dengan pelumas berbahan dasar air, dan masukkan ujung termometer ke dalam anus. Biarkan bayi atau anak dalam posisi tengkurap selama pengukuran, agar lebih mudah. Kemudian, setelah termometer berbunyi, cabut dari anus dan lihat suhu tubuh yang berhasil terukur. Jangan lupa untuk membersihkan termometer kembali.
  • Termometer telinga / timpani : Sesuai namanya, termometer berbentuk kerucut kecil ini khusus digunakan pada telinga saja. Suhu tubuh bisa terlihat di layar digital dalam hitungan detik. Sebelum memasukkannya ke dalam telinga, pastikan termometer kering dan bersih dari kotoran telinga. Kondisi termometer yang basah dan kotor dapat mengurangi keakuratan pengukuran suhu tubuh
  • Termometer dahi :Termometer ini menggunakan suhu kulit untuk menentukan suhu tubuh.

Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.