Bagaimana menghilangkan kecemasan dan kegelisahan yang datang ketika teringat masalah-masalah pribadi yang tengah terjadi?

Dok, beberapa bulan terakhir saya sering merasa tidak nyaman pada tubuh baik itu GERD saya yang kambuh, jantung merasa berdegub cepat, nafas menjadi cepat, tubuh menjadi lemas dan tidak produktif ketika saya teringat masalah-masalah pribadi saya, waktu tidur yang berubah menjadi tidak bisa tidur di malam hari, bahkan saya pernah 3 kali tiba-tiba terbayang hal-hal yang abstrak yang menakutkan dan mengagetkan ketika saya menutup mata yang membuat saya ingin berteriak ketika bayangan tersebut datang dan dada berdegub kencang. Apakah saya depresi atau menderita gangguan yang lain? mohon jawabannya dok. Terima Kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 04/05/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Gangguan fisik yang yang disebabkan oleh tekanan-tekanan emosional dan psikologis memang sering dirasakan oleh banyak orang. Hal ini bisa terjadi karena faktr sosial dan ekonomi (berkaitan dengan kepuasan dalam pekerjaan, kurang istirahat, ekonomi sulit, hubungan dengan orang lain), faktor perkawinan (berkaitan dengan perselisihan, gangguan dari anak, hubungan seksual), faktor kesehatan (berkaitan dengan penyakit yang menahun, pernah di rawat di rumah sakit, adiksi terhadap obat-obatan), faktor psikologik (berkaitan dengan stres, status di dalam keluarga). Untuk sementara alihkan pikiran jika mulai teringat masalah pribadi Sobat, misal alihkan ke membaca buku, main game, bercengkrama dengan teman, lebih dekat ke Tuhan YME. Jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kejiwaan (karena sedang pandemi Covid-19, buat perjanjian untuk hari dan jam di rumah sakit yang di inginkan, gunakan masker saat keluar dari rumah, rajin cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.