terdapat benjolan di anus

dok,sya ada benjolan di anus,tepat nya di atas lubang/pinggir anus,terasa nyeri bila dipegang dan trasa perih bila kena air.sudah hmpir seminggu.kira knpa y dok

2 answer

Staff 30/04/2020
Public

Selamat siang, terimakasih Sobat sudah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok
Benjolan pada lubang anus dapat disebabkan oleh berbagai hal yang mungkin dapat mengindikasikan berbagai kelainan/penyakit, diantaranya wasir/ambeien, abses sekitar anus (bengkak berisi nanah pada sekitar anus yang disebabkan infeksi), fistula anus (rongga yang kemudian terisi nanah, jadi dibagian luar seperti bisul), atau tumor.
Perlu diperhatikan beberapa hal berikut: apakah terasa benjol terus menerus, atau keluar benjolan sesekali terutama saat mengedan?, apakah benjolan tersebut nyeri nyutnyutan?, apakah disertai darah saat BAB?, apakah ada kebiasaan jongkok berlama-lama saat BAB?, apakah BAB tidak teratur dan konsistensi nya keras?, apakah ada riwayat wasir pada keluarga? bila ya, mungkin perlu dipikirkan ke arah wasir dengan berbagai derajat yang berbeda. Bila tidak, bisa jadi kemungkinan lain seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Beberapa tips yang bisa dilakukan:
-senantiasa menjaga kebersihan area anus dengan rutin berganti celana dalam
-perbanyak minum air mineral dan serat (buah dan sayur)
-hindari memasukkan benda asing melalui anus (dapat memicu terjadinya infeksi di sekitar anus, karena lapisan kulit/mukosa anus itu mudah terluka)
-hindari memegang-megang atau memencet benjolan
-boleh meminum anti nyeri Parasetamol bila nyeri tak tertahankan
bila keluhan menetap, disertai demam/mengigil atau darah, sebaiknya segera memeriksakan diri secara langsung ke fasilitas kesehatan terdekat agar dapat ditangani secara maksimal dan diketahui penyebabnya. Selalu terapkan hand hygiene, etika batuk, selalu memakai masker dimanapun. Semoga membantu

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.