Nyeri rusuk kanan gejala apa?

Selamat pagi Dokter. Ibu saya umur 53th, TB165cm BB70kg. Ada riwayat hipertensi dan maag. 1 minggu terakhir ibu saya mengeluhkan sakit di rusuk sebelah kanan, di samping. Titik sakitnya kira-kira hampir sejengkal di bawah ketiak. Setiap malam sebelum tidur saya gosok flamar gel, tapi belum ada pengaruh. Kira-kira gejala apa ya Dok?
Selain itu ibu saya juga mengeluh kesemutan di tangan kiri. Hanya di tangan, tapi tidak menjalar ke lengan. Kesemutannya hilang dan timbul secara acak tiap harinya. Apa gejala ini berhubungan dengan sakit rusuknya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 29/04/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Sakit pada tulang rusuk dapat diartikan sebagai nyeri dada. Sebelumnya kita harus mengetahui organ yang ada di dada. Urutan dari bagian luar yaitu kulit, otot, tulang rusuk, paru-paru, dan jantung, diafragma. Pada bagian perut terdapat usus, bagian kiri terdapat lambung, lien dan ginjal, sedangkan sebelah kanan terdapat hati, kantung empedu, pankreas, ginjal. Kemungkinan nyeri yang dirasakan bisa berasal dari salah satu organ diatas. Kesemutan adalah sensasi seperti tertusuk jarum atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan, kaki, dan kepala. Kesemutan yang sementara terjadi akibat tekanan pada saraf tertentu, misalnya saat tidur dengan menindih lengan atau duduk bersila. Kesemutan yang bersifat sementara ini akan hilang ketika sudah tidak ada tekanan pada saraf. Sedangkan kesemutan yang terjadi berkepanjangan bisa menjadi gejala suatu penyakit. Untuk sementara dapat diberikan obat pereda nyeri, vitamin b, dan kurangi makan makanan yang berlemak. Jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk kontrol ke dokter penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.