Anak ga mau makan

Laki2, umur 2th 1bln, anak saya ga mau makan, sudah beberapa lama ini dibantu dengan susu pediasure, rencana mau ganti susu karena berat badan nya ga naik2 juga.. produk nutricia apa yg biaa bantu menambah berat badan dan memenuhi kebutuhan nutrisi yg tidak didapat dari makanan biasanya.. terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 20/04/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Tak jarang, orangtua mengeluhkan anak batitanya susah makan. Dari yang awalnya menutup rapat mulut sampai menyemburkan makanan atau bahkan melepehkan kembali makanan yang sudah masuk ke dalam mulutnya. Wajar saja kalau orangtua merasa khawatir, apalagi kalau berat badan anak tak kunjung naik. Padahal di usia ini, asupan nutrisi yang berimbang sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Penyebab GTM pada batita bermacam-macam seperti bosan, sedang sakit, tidak lapar, adanya trauma, baik terhadap makanan tertentu maupun proses makan itu sendiri adalah beberapa diantaranya.
Dos:

  1. Atur jadwal makanan utama dan makanan selingan (snack) yang teratur yaitu tiga kali makanan utama dan dua kali makanan kecil di antaranya. Susu dapat diberikan dua – tiga kali sehari (500-600 ml/hari).
  2. Batasi juga waktu makan tidak boleh lebih dari 30 menit.
  3. Buat lingkungan yang menyenangkan untuk makan. Biasakan makan bersama keluarga di meja makan. Jika tidak memungkinkan untuk makan bersama, sebaiknya tetap latih anak makan di meja makan.
  4. Dorong anak untuk makan sendiri. Bila anak menunjukkan tanda tidak mau makan (mengatupkan mulut, memalingkan kepala, menangis), tawarkan kembali makanan tanpa memaksa. Bila setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan akhiri proses makan. Latih anak untuk mengenali rasa kenyang dan laparnya sendiri.

Donts:

  1. Jangan memaksa anak makan, apalagi sampai memarahinya.
  2. Jangan membiasakan anak makan sambil melakukan aktivitas lain seperti bermain, menonton televisi, berjalan-jalan atau naik sepeda.
  3. Jangan memberikan minuman lain selain air putih di antara waktu makan.
  4. Jangan menjadikan makanan sebagai hadiah.

Untuk mengetahui informasi program dan produk Nutricia bisa ditanyakan langsung ke pihak Careline Nutricia di nomor Whatsapp Careline Nutricia 082120000100 atau Call Careline Nutricia 08001821059.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.