gusi gigi sakit

gusi saya sakit banget padahal tidak ada gigi yg bolong ini obatsaya erphaflam,mesola methylprednilsolon,sammoxin tapi mempan tetap aja sakit, mohon sarannya dok

1 Jawaban Dokter

Staff 18/04/2020
Public

Halo Sobat,
Beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi/gigi:

  • Kompres dengan es batu: biasanya sakit pada gusi/gigi disertai dengan pipi yang bengkak. Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.
  • Kumur dengan air garam. Siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang. Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, pastikan Sobat tidak meminum larutan ini.
  • Obat pereda nyeri: Obat-obat yang Sobat sebutkan sudah mengandung obat pereda/penghilang rasa nyeri, jika keluhan nyeri belum juga reda, sebaiknya Sobat berkonsultasi langsung dengan dokter Gigi untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar diketahui penyebab nyeri pada gusi/gigi.

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.