1 Jawaban Dokter

Staff 15/04/2020
Public

Halo Sobat, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok
Gigitan serangga merupakan reaksi akibat adanya gigitan dari serangga dengan jenis yang bermacam-macam. Variasi gejala mulai dari ringan seperti : bengkak, nyeri di area gigitan, merah, gatal, atau luka kecil; hingga gejala yang berat seperti demam, sesak, jantung berdebat, pingsan, sulit menelan atau bicara, bengkak yang luas hingga area lain seperti mata, wajah atau seluruh tubuh. Apabila timbul gejala berat seperti yang saya sebutkan, sebaiknya Sobat segera ke fasilitas kesehatan/RS agar mendapat penanganan karena hal tersebut bisa berakibat fatal. 
Utuk gejala ringan, dapat dilakukan penanganan awal untuk menenangkan lesi gigitan, seperti:

  • Membasuh bagian tubuh yang digigit/disengat menggunakan air mengalir dan sabun.
  • Bila ada bekas (contoh:sengat) yang tertinggal di kulit (seperti sengatan lebah), cabut sengat dengan hati-hati.
  • Kompres dingin bagian tubuh yang digigit dengan es yang dibalut handuk, air dingin yang dimasukkan kedalam plastik dan dilapis kain saat ditempelkan, atau kain yang direndam di air dingin. Hal ini untuk mengurangi nyeri dan bengkak akibat reaksi peradangan.

Perlu diperhatikan pula salep apa yang Sobat oleskan ke bagian tubuh yang tergigit apakah sudah sesuai indikasi, biasanya penggunaan Kalamin oles dapat membantu meenangkan lesi gigitan. Semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.