1 Jawaban Dokter

Halo, sobat.
Komedo merupakan benjolan kecil pada kulit yang berwarna putih atau pun hitam. Komedo merupakan salah satu bentuk jerawat. Komedo bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pori-pori yang tersumbat oleh kulit mati, kotoran,  atau pun minyak (sebum). Banyak hal juga yang memperngaruhi terbentuknya komedo seperti aktifitas yang sering terpapar polusi, genetik yang memang kelenjar sebum atau minyak lebih aktif, stress, atau pun hormonal.
Beberapa hal  berikut ini dapat sobat lakukan untuk mencegah atau menghilangkan komedo;

  1. Membersihkan wajah secara rutin baik dengan pembersih make up, sabun cuci muka, atau pun cairan penyegar, terutama setelah beraktifitas dari luar rumah.
  2. Menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit sobat. Ada tiga jenis kulit, yakni kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Biasanya produk yang beredar dipasaran telah mencantumkan cocok untuk tipe kulit apa. Jika sobat berobat ke dokter kulit, dokter spesialis kulit akan memberikan krim yang sesuai dengan tipe kulit sobat.
  3. Melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit ini dapat dilakukan dengan menggunakan scrub, peeling, atau pun facial. Durasi pengulangan tergantung seberapa kuat dan dalam eksfoliasi yang dilakukan.
  4. Menerapkan gaya hidup sehat, seperti :
    • Diet rendah lemak dan karbohidrat, walaupun masih diperdebatkan efektivitasnya. Kelebihan lemak dalam tubuh dianggap dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat.
    • Cukup istirahat dan hindari stress, karena fluktuasi hormon yang terjadi akibat stress dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo
    • Menghindari minuman keras, rokok, polusi debu agar kelenjar minyak tidak terpicu.

Sobat juga dapat membaca artikel berikut ini : komedo
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.