Batuk2 tdk berdahak

Dok, ayah saya umur 63thn, di diagnosa penyakit gagal ginjal sebelumnya memiliki sakit jantung dan diabetes. Terakhir di haruskan cuci darah namun ayah saya blm bersedia. Sudah beberapa hari ini ayah saya batuk2 dan setiap batuk mengeluarkan cairan. Apakah batu2 tersebut dari gagal ginjal? dan bagaimana untuk meredakan batuknya?

1 Jawaban Dokter

Staff 08/04/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Gagal ginjal merupakan suatu keadaan klinis yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang ireversibel pada suatu derajat dimana memerlukan terapi pengganti ginjal yang tetap, berupa cuci darah atau transplantasi ginjal. Sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi ginjal yaitu sebagai penyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan untuk dibuang melalui urin, namun jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka zat-zat yang harusnya dibuang akan menumpuk di dalam darah dan mengakibatkan beban kerja ginjal yang lebih berat lagi. Penyebab gagal ginjal kronis yaitu :

  • Gloemrulonefritis, peradangan pada bagian ginjal yaitu glomerulus.
  • Pielonefritis Kronis, peradangan pada ginjal akibat adanya infeksi bakteri.
  • Batu Ginjal, batu ginjal terbentuk dari pengendapan garam kalsium, magnesium, asam urat, atau sistein.
  • Polikistik ginjal, ditandai dengan kista multiple maupun bilateral.
  • Penyakit Endokrin, Nefropati diabetik

Pada diabetes melitus, terjadi hambatan aliran pembuluh darah sehingga terjadi nefropati diabetik. Tingginya tekanan darah juga menyebabkan terjadi penurunan filtrasi. Untuk batuk bisa dikarenakan adanya infeksi pada paru. Saran kami untuk dikonsulkan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru. Perlu dukungan dari keluarga inti dan keluarga sekitar untuk meyakinkan pasien sehingga mau untuk tindakan tersebut. Semua tindakan pasti ada resikonya, namun jika tindakan tidak dilakukan maka akan memperberat keadaan.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.