1 Jawaban Dokter

Staff 30/03/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Corona virus adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Tanda gejala umum infeksi COVID-19 antara lain gejala gangguan pernafasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian. COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia memlaui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Berikut kriteria pasien berdasarkan gejala : 

  • OTG, Orang Tanpa Gejala, yaitu seseorang yang tidak bergejala dan memiliki resiko tertular dari oarang konfirmasi COVID-19 dikarenakan kontak erat dengan kasus konfirmasi (petugas kesehatan, orang yang berad dalam 1 ruangan, dan orang yang bepergian bersama dengan kasus konfirmasi.
  • ODP, Orang Dalam Pengawasan, orang dengan gangguan demam, batuk pilek, nyeri tenggorokan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memiliki riwayat tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal dan kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.
  • PDP, Pasien Dalam Pengawasan, orang dengan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memiliki riwayat tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal dan kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.
  • Kasus Konfirmasi, Pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan hasil pemeriksaan tes positif.

Untuk pemriksaan rapid test dilakukan pada pasien ODP yang kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19, dan PDP. Pemeriksaan dapat dilakukan di puskesmas atau di klinik yang tersedia pemeriksaan rapid test tersebut. Namun untuk pemeriksaan lebih pastinya yaitu analisa swab tenggorokan, dan pemeriksaan PCR, pemeriksaan ini dilakukan sesuai indikasi. Saran kami untuk rajin cuci tangan, minum vitamin C, olahraga teratur, untuk tidak keluar dari rumah kecuali ada keperluan yang mendesak, jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, dan menggunakan etika batuk & bersin.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.