spesialis anak

dok saya mau nanya di kepala belakang anak saya terdapat benjolan grijil\\" gitu dong sebelah kanan dan kiri nya dok awal nya kecil trus udh berapa bln gitu smpai skg anak saya usia 2thn sya pegang rada agak besar dok di pegang nya jelas sekali dok,di kanan ap kiri kya ad 2 gitu dok grijil\\" benjolan nya gitu dok.. itu knp y dok apakah bahaya atau tidak dok?
trus yg sya mau tanyakan klau priksa kmn y dok ke spesialis anak dlu ap langsung ke dok mna gitu dok? dan lg dlm situasi seperti nie ad nya virus corona apakah boleh sya dan kluarga sya menuju ke rs u/ priksa anak sya dok / gmn yg baik nya dok dlm saat situasi seperti nie dok

3 answer

Staff 25/03/2020
Public

Selamat sore, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Benjolan pada anak memang sangat mengkhawatirkan dimanapun letak benjolannya. benjolan di kepala dapat sebabkan oleh banyak hal, seperti kista, lemak, abses, maupun keganasan. Perlu diperhatikan lagi apakah anak ada keluhan di sekitar kepala, apakah ada keluar cairan, apakah benjolan semakin membesar, apakah ada gangguan panca indra pada anak, apakah timbul kejang. Mengingat dalam keadaan pandemi virus Covid-19 maka perlu dilakukan  Social Distancing jika saat ini anak tidak ada keluhan, tidak ada kejang, tidak ada gangguan panca indra, maka ke dokter spesialis anak dapat ditunda sampai meredanya pandemi virus Covid-19. Namun jika anak ada keluhan bahkan sampai ada kejang, kami sarankan untuk langsung ke IGD rumah sakit terdekat.
Semoga bermanfaat.

#1
Staff 27/03/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Benjolan pada anak memang sangat mengkhawatirkan dimanapun letak benjolannya. benjolan di kepala dapat sebabkan oleh banyak hal, seperti kista, lemak, abses, maupun keganasan. Perlu diperhatikan lagi apakah anak ada keluhan di sekitar kepala, apakah ada keluar cairan, apakah benjolan semakin membesar, apakah ada gangguan panca indra pada anak, apakah timbul kejang. Mengingat dalam keadaan pandemi virus Covid-19 maka perlu dilakukan Social Distancing jika saat ini anak tidak ada keluhan, tidak ada kejang, tidak ada gangguan panca indra, maka ke dokter spesialis anak dapat ditunda sampai meredanya pandemi virus Covid-19. Namun jika anak ada keluhan bahkan sampai ada kejang, kami sarankan untuk langsung ke IGD rumah sakit terdekat.
Semoga bermanfaat.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.