Susu sudah lebab

Bagaimana bentuk bubuk susu yang baik di konsumsi, kalau susu terlihat sedikit lembab dan warna agak sedikit kekuningan masih bisa di pakai, exp masih lama hanya saja produk susunya kondisinya seperti itu

1 Jawaban Dokter

Staff 13/03/2020
Public

Halo Sobat,
Ciri-ciri susu bubuk yang tidak layak dikonsumsi adalah:

  • Berbau. Susu yang sudah rusak bisa dikenali dari baunya yang amis, cukup menyengat dan sangat berbeda dengan susu yang masih dalam kondisi baru.
  • Menggumpal. Seharusnya, susu bubuk memiliki bentuk bubuk yang halus, tidak ada gumpalan di dalamnya.
  • Berubah warna. Susu yang masih baru memiliki warna putih dengan sedikit warna kuning. Jika pada susu terdapat bintik kecoklatan, warna tidak merata atau terlihat sangat kuning, ini menandakan susu tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.
  • Kemasan Rusak. Kemasan rusak tidak selalu menjadi tanda bahwa susu di dalamnya juga sudah rusak. Namun, sebaiknya sobat menghindari susu yang kemasannya sudah rusak karena tidak menutup kemungkinan bahwa susu di dalamnya juga sudah rusak.
    Susu bubuk yang sudah dibuka sebenarnya memiliki masa kadaluwarsa yang berbeda dengan yang tertera di dalam kemasan. Setelah dibuka, susu biasanya hanya bisa bertahan selama 2 minggu – 1 bulan. Semua itu bisa dilihat dari petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan. Karena itu, sangat dianjurkan untuk segera menghabiskan susu dalam waktu tersebut, terutama jika terdapat ciri-ciri susu bubuk yang tidak  layak dikonsumsi seperti yang telah disebutkan di atas.

 
Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok. Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.