1 Jawaban Dokter

Staff 10/02/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Skabies adalah penyakit kulit akibat investasi dan sensitisasi oleh tungau Sarcoptes scabeiFaktor yang menunjang perkembangan penyakit ini antara lain sosial
ekonomi yang rendah, higiene yang buruk, hubungan seksual dan sifatnya promiskuitas (ganti-ganti pasangan), dan perkembangan demografi serta ekologi. Kelainan kulit dapat disebabkan tidak hanya oleh tungau skabies, tetapi juga oleh penderita sendiri akibat garukan. Dengan garukan dapat menimbulkan onfeksi dan dapat menjadi koreng. Cara penularannya dapat berupa kontak langsung dan tidak langsung. Kalau langsung  seperti berjabat tangan, tidur bersama dan hubungan seksual, sedangkan kontak tidak langsung  misalnya melalui perlengkapan tidur, pakaian atau handuk dan selimut.

Gejala yang timbul yaitu, gatal pada malam hari, biasanya menyerang kelompok, adanya terowongan atau garis berwarna abu-abu, terkadang adanya nanah karna sudah infeksi. Penatalaksanaan dari sakit Scabies ini jaga kebersihan, hindari penggunaan handuk atau alat mandi bersamaan dengan orang lain, cuci pakaian, sprei, selimut, dengan menggunakan air panas, semua anggota keluarga harus diperiksa dan semua harus diberi pengobatan secara serentak. Jika semakin gatal dapat diberikan obat anti gatal. Usahakan untuk jaga kebersihan penis jangan terlalu lembap, jangan di garuk, bila perlu kunjungi dokter spesialis kulit kelamin untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.