Sakit kepala

Halo dok, jadi gini. Aku dari kemarin sore sakit kepala dok, aku kirain sakit kepala biasa, aku bawa istirahat deh. Ternyata masih berkelanjutan sampai sepanjang hari ini dok. Setiap dibawa aktivitas selalu sakit dok, apalagi kalo batuk. Behhh, sakit banget malahan dok. Itu kira² knp ya dok? Makasih

1 Jawaban Dokter

Staff 06/02/2020
Public

Halo Sobat, terimakasih telah bertanya melalui layanan online TanyaDok.
Nyeri kepala merupakan sensasi rasa tidak nyaman akibat aktivasi dari syaraf nyeri dikepala. Mekanisme terjadinya nyeri kepala dapat terjadi akibat berbagai macam proses yang berbeda beda. Nyeri kepala yang Sobat alami kemungkinan dapat disebabkan beberapa hal, seperti:

  1. infeksi saluran pernapasan (seringkali oleh virus) yang kemudian menyebabkan aktifnya zat zat ditubuh yang kemudian menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan mengaktivasi syaraf nyeri, sehingga menimbulkan gejala sistemik berupa nyeri kepala, meriang, nyeri sendi, atau nyeri tenggorokan, disertai pula batuk dan pilek
  2. migrain yang ditandai dengan keluhan yang memberat saat aktivitas
  3. tekanan saat batuk
  4. kelelahan fisik dan stress
  5. kelelahan pada mata atau gangguan refraksi (contoh: mata minus)
  6. infeksi pada rongga rongga di wajah atau sinusitis

Untuk memastikan, sebaiknya Sobat memeriksakan diri langsung ke dokter apabila keluhan tidak kunjung membaik, agar dapat mengetahui penyebab pasti sehingga pengobatannya dapat dilakukan dari penyebab utamanya.
Beberapa saran yang dapat dilakukan adalah istirahat yang cukup, mengurangi aktivitas yang memperberat keluhan, mengurangi paparan gadget, makan dan minum cukup dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk konsumsi obat sebaiknya Sobat memeriksakan diri secara langsung terlebih dahulu ke dokter terdekat.
Semoga membantu..

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.