1 Jawaban Dokter

Staff 04/02/2020
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Methotrexate merupakan obat imunosupresan atau obat kemoterapi. Obat ini dapat diberikan secara oral, intravena(pembuuh darah vena) maupun intramuskular (otot). Kontraindikasi dari obat ini yaitu gangguan liver dan ginjal yang berat, hamil, dan ibu menyusui. Efek samping obat ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, gagal ginjal, osteoporosis, alopesia (kerontokan rambut), iritasi mata, nekrosis pada jaringan lunak dan tulang. Interaksi obat dari methotrexate dapat menurunkan efektivitas methotrexate jika diberikan dengan asam folat, meningkatkan keracunan dengan obat golongan NSAID, beberapa obat golongan penisilin, obat neomycin, cotrimoxazol, dan jika diberikan dengan omeprazole dapat meningkatkan konsentrasi serum.
Gabapentin adalah termasuk golongan obat anti kejang dan nyeri saraf. Obat ini diberikan secara oral. Kontraindikasi dari obat ini yaitu gangguan ginjal. Efek samping dari obat gabapentin yaitu perubahan preilaku, akut pankreatitis, vertigo, tinitus (telinga berdenging), diplopia (penglihatan double), mual, muntah, diare, gingivitis, badan lemas, jerawat, kulit merah, pusing, dll. Interaksi obat dengan golongan obat opioid dapat meningkatkan resiko depresi sistem saraf pusat (kesadaran somnolen, depresi pernafasan), jika dengan antasida dapat menurunkan bioavailibilitas gabapentin.
Jika dilihat dari penjelasan di atas, tidak ada interaksi obat antara methotrexate dengan gabapentin, namun alangkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang memberikan obat tersebut atau ke dokter spesialis saraf atau penyakit dalam.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.