Anak saya sudah seminggu tidak BAB

Anak saya bru lahir sktr kurang lebih sudah 2 mnggu.selain dii kasih asi saya kasih susu formula.sebelumnya saya pk susu formula sgm dia bs BAB tetapi bgt saya gnti pk susu lactogen sdh sminggu anak saya tidak BAB.tetapi dia kentut trus dok.tu pa pengaruh dr susu formula yg saya ganti dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 03/02/2020
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Defekasi atau buang air besar (BAB) adalah suatu proses evakuasi tinja dari dalam rektum, yang terdiri dari bahan yang tidak digunakan lagi dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Pola defekasi pada anak sangat bervariasi dan sangat bergantung pada fungsi organ, susunan saraf, pola makan, serta usia anak.  Konstipasi merupakan defekasi yang tidak lebih sering dari tiga hari sekali. Pada anak normal, konsistensi feses dan frekuensi BAB dapat berbeda-beda. Bayi yang di susui ASI mungkin mengalami BAB setiap selesai disusui atau hanya sekali dalam 7-10 hari. Bayi yang di susui formula dan anak yang lebih besar mungkin mengalami BAB setiap 2-3 hari. Dengan demikian frekuensi BAB yang lebih jarang atau konsistensi feses yang sedikit lebih padat dari biasa tidak
selalu harus ditangani sebagai konstipasi. Namun jika tidak bab masih berlanjut dan rewel kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.