1 Jawaban Dokter

Staff 17/01/2020
Public

Halo Sobat,
Demam merupakan respon alami sistem imun tubuh yang umumnya terjadi saat tubuh terinfeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Demam yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya akan sembuh dengan sendirinya.
Batuk juga merupakan respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan/atau partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.
Pilek adalah kondisi saat hidung mengeluarkan ingus atau lendir yang diproduksi oleh saluran udara di dalam hidung dan berfungsi untuk menjaga kelembapan saluran napas, serta mencegah kotoran dan kuman masuk ke paru-paru.
Demam, batuk dan pilek merupakan gejala-gejala dari suatu kondisi atau penyakit, oleh karena itu, pengobatannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya.
Jika penyebab gejala tersebut adalah infeksi virus ringan, maka kondisi ini dapat diatasi dengan beristirahat, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi obat penurun demam, pereda batuk dan pereda pilek.
Apabila gejala tersebut disebabkan oleh infeksi yang berat, maka perlu diberikan obat untuk mengatasi infeksi tersebut, seperti: obat antivirus, antibiotik, antijamur atau antiparasit sesuai penyebab.
Jika gejala tidak membaik atau bahkan bertambah parah seperti demam sangat tinggi, batuk yang lama dan berat, sesak, timbul gejala tambahan lain dan sangat mengganggu, sebaiknya sobat segera berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pemeriksaan penunjang lainnya untuk mengetahui penyebab gejala serta mendapatkan terapi yang tepat dan sesuai.
 
Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.