jatuh naik kendraan

dokter saya mau bertanya…
saya pernah jatuh naik kendraan dan berenang pernh jatuh kena dkepala saya apakah itu berpengaruh dksehatan saya dlm pemikiran dan perilaku. ..
cara mengantisipasi ny bgaimana dokter?
utk mencegahny biar otak kecil saya sehat kembali

1 Jawaban Dokter

Staff 21/12/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok
Cedera kepala (trauma kepala) adalah kondisi dimana struktur kepala mengalami benturan dari luar dan berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak. Berdasarkan tingkat keparahannya, cedera kepala dibagi menjadi tiga, yaitu cedera kepala ringan, sedang, dan berat. Cedera kepala ringan dapat menyebabkan gangguan sementara pada fungsi otak. Penderita dapat merasa mual, pusing, linglung, atau kesulitan mengingat untuk beberapa saat. Penderita cedera kepala sedang juga dapat mengalami kondisi yang sama, namun dalam waktu yang lebih lama. Bagi penderita cedera kepala berat, potensi komplikasi jangka panjang hingga kematian dapat terjadi jika tidak ditangani dengan tepat. Perubahan perilaku dan kelumpuhan adalah beberapa efek yang dapat dialami penderita dikarenakan otak mengalami kerusakan, baik fungsi fisiologisnya maupun struktur anatomisnya. Bila anda mengalami beberapa gejala seperti pusing kepala bertambah berat, mual dan muntah, penurunan kesadaran, dan kejang, harap lakukan konsultasi kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 
Pencegahan cedera kepala dapat dilakukan sebagai berikut; menggunakan alat pengaman saat melakukan olahraga (sepakbola, bersepeda, menyelam, tinju, dan sebagainya), selalu menggunakan alat pelindung diri (helm atau pelindung kepala) saat bekerja, memasang pegangan besi di kamar mandi dan samping tangga dan juga memastikan lantai selalu kering dan tidak licin untuk mengurangi risiko terpeleset, memasang penerangan yang baik di seluruh rumah, memeriksa kondisi mata secara rutin, dan berolahraga secara teratur untuk mereggangkan otot.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.