1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Saya mengerti kekhawatiran sobat. Alergi susu sapi atau pun intoleransi laktosa memang sering terjadi pada anak. Namun, umumnya gejala alergi susu sapi dapat berupa batuk, sesak nafas, ruam di kulit tubuh, pipi, atau sekitar mulut, bab cair bahkan bisa berlendir, perut seperti kembung terus-menerus atau pun nyeri kolik pada perut. 
Untuk menentukan bab 3 hari sekali itu normal ataukah karena alergi, maka perlu dilakukan beberapa pengamatan oleh sobat sendiri. Anak yang mendapatkan tambahan susu formula memang bisa untuk tidak tiap hari BAB seperti anak dengan ASI eksklusif, bahkan terkadang bisa sampai 1 minggu sekali. Perlu diperhatikan bagaimana konsistensi feses tersebut, apakah sangat keras dan kering? apakah anak mengejan sangat kuat untuk mengeluarkan feses? Apabila konsistensi feses normal, tidak ada perubahan warna feses, atau pun lendir dan darah, serta anak tidak seperti mengeluh kesakitan pada perut, maka hal tersebut adalah normal.
Namun, apabila sobat masih ragu. Ada baiknya untuk membawa anak berobat ke dokter spesialis anak agar dilakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mengetahui apakah anak tersebut alergi susu sapi atau tidak. Terima kasih banyak, semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.