Pop bayi umur 4 bulan bewarna hitam sma hijau

Anak laki2 saya berumur 4 bulan berat badan 5,5kg .sdh lama pakai Susu NutriBaby Royal ,kenapa sekarang pup nya keluar berwarna hitam sama hijau.baru ini keluar berwarna seperti itu. Apakah susu nya harus di ganti dok ..???

1 Jawaban Dokter

Staff 16/12/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Defekasi atau buang air besar (BAB) adalah suatu proses evakuasi tinja dari dalam rektum, yang terdiri dari bahan yang tidak digunakan lagi dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh.  Menilai pola defekasi pada anak berarti menilai frekuensi defekasi, konsistensi dan warna tinja. 

  • Frekuensi, selama 6 minggu pertama, bayi baru lahir yang diberi ASI bisa BAB sebanyak 3-12 kali sehari. Setelah itu, mereka hanya akan BAB tiap beberapa hari sekali, bahkan ada yang tidak BAB hingga kurang lebih 1 minggu. Sedangkan bayi yang diberi susu formula BAB sebanyak 1 – 4 kali sehari pada 6 minggu pertama usianya. Setelah itu, Si Kecil akan BAB setiap hari atau dua kali sehari.
  • Warna, biasanya pada usia bayi 1-3 hari akan mengeluarkan mekonium yang berwarna hijau kehitaman. Setelah hari ke-3 warna berubah menjadi hijau kecoklatan atau kuning gelap. Jika kotoran yang keluar berwarna merah, putih pucat dan hitam pekat itu meruakan suat kelainan, ke dokter anak segera.
  • Konsistensi, saat masih keluar mekonium konsistensi cair, namun lama kelamaan konsistensi menjadi lembek. Jika kotoran bayi keluar berbentuk bulat-bulat bisa dikarenakan sembelit.

Jika kotoran yang keluar berwarna hitam hijau, disarankan untuk ganti susu yang kandungan zat besinya tidak sebanyak dari susu yang sebelumnya. Namun setelah ganti susu dan masih hitam hijau, atau kulit anak terlihat pucat, mata terlihat pucat, anak tidak aktif, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis anak.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.