Kulit sisa sunat

Dok saya disunat udah 15 tahunan & baru tau ada kulit sisa jahitan di dekat frenulum kiri. Ukurannya 1.5cm, terlihat sprti kulit yang disambung2 & saat dipegang dalamnya terasa ada yg keras (tidak sakit saat dipegang). Selama 15 tahunan setelah sunat, blm ada keluhan kelainan apapun baik saat ereksi/buang air kecil.

illustrasinya seperti ini (maaf NSFW / gambar vulgar): https://www.urologicalcare.com/upload/iblock/879/adec9439015c24f4e45e5fa900afedf8.jpg

Pertanyaan saya apakah itu normal dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 16/12/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Sirkumsisi (circumcision/khitan) atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah “sunat”, adalah operasi pengangkatan sebagian, atau semua dari kulup (preputium) penis. Secara medis, dikatakan bahwa sirkumsisi sangat menguntungkan bagi kesehatan. Banyak manfaat dari sirkumsisi yang diidentifikasi untuk mencegah infeksi saluran kemih, membuat penis menjadi bersih, penularan HIV, serta mengurangi resiko terkena karsinoma penis. Untuk kasus Sobat kami mohon maaf kami tidak bisa memastikan itu termasuk normal atau tidak dikarenakan kami tidak memeriksa keadaan Sobat secara langsung. Sedangkan untuk memastikan normal atau tidak harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan Sobat untuk kontrol ke dokter spesialis urologi untuk memastikan normal atau tidak dan penanganan lanjut.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.