Ada benjolan di payudara kiri

Selamat malam dok, mau tanya dok. saya perempuan umur 20 thn. Saya baru tahu kalau di payudara saya sebelah kiri ada benjolan. Saya tanyakan ke orang tua saya, beliau menjawab itu hanya keloid karena dari keluarga ayah saya semua punya itu. Saya tetep khawatir dok, benjolannya ngga nyeri dan bisa gerak² dok. Kalau saya mau periksa kira² periksa ke dokter apa ya dok? Apa kira² ini kanker dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 14/12/2019
Public

Selamat sore, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Benjolan di seluruh tubuh dinamakan tumor. Tumor terbagi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Berikut diagnosis banding dari benjolan di payudara : 

  1. Nekrosis lemak, Kelainan ini lebih sering ditemui pada wanita obesitas dan setelah menopause, dimana mamma secara proporsional membesar akibat banyaknya jaringan lemak berupa benjolan berbatas tegas dan secara klinis mirip karsinoma.
  2. Penyakit Fibrokistik,  Fibrokistik payudara ditandai dengan rasa nyeri dan benjolan yang ukurannya berubah–ubah. Benjolan ini membesar sebelum periode menstruasi serta mengeluarkan cairan puting yang tidak normal. Pada periode menjelang menopause, sifat benjolan pada kelainan ini tidak berbatas tegas dan kenyal seperti karet.
  3. Fibroadenoma Mamae (FAM), tumor jinak,biasa pada usia muda, benjolan yang mobile atau dapat digerakkan, lobulasi tidak nyeri tekan, kenyal seperti karet berukuran satu sampai dengan empat sentimeter, dan banyak ditemukan pada kuadran lateral kanan atas payudara kiri pada penderita yang right handed.
  4. Papiloma Duktus, tumor jinak, terdapat discharge serous (cairan) yang sering bercampur darah dan dapat teraba adanya benjolan.
  5. Tumor filoides, terbanyak pada suia 40 tahun keatas.
  6. Ca Mamae, ukuran benjolan makin membesar, nyeri, puting tertarik kedalam, ada luka pada payudara, keluar cairan (darah) dari puting atau luka, kulit payudara seperti kulit jeruk.

Untuk sementara lakukan SADARI (perikSa payuDAra sendiRI) dengan melihat payudara di depan kaca dengan kedua tangan di pinggang, untuk melihat ukuran payudara. Dan angkat 1 tangan dan lakukan perabaan dari ketiak lalu mengitari payudara sampai puting untuk memastikan ada benjolan atau tidak. Jika benjolan payudara makin lama makin membesar dan menimbulkan gejala, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis bedah untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.