Bangun tidur berasa pusing yg bersangatan, lalu sembuh, nam malamnya sampai keesokan harinya berasa pusing nyut-nyut sampai sekarang

Bangun tidur berasa pusing yg bersangatan, lalu sembuh, namun malamnya sampai keesokan harinya berasa pusing nyut-nyut sampai sekarang.
Dulu pernah sakit Migrain, tapi hampir satu tahunan gak pernah kambuh,nah ini tiba-tiba bangun tidur langsung pusing berat spt vertigo

1 Jawaban Dokter

Staff 14/12/2019
Public

Selamat sore, terima kasih sudah menggunaka layana online tanyadok.
Tidur didefinisikan sebagai suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya. Tidur dibagi menjadi dua fase yaitu pergerakan mata yang cepat atau Rapid Eye Movement (REM) dan pergerakan mata yang tidak cepat atau Non Rapid Eye Movement (NREM). Kualitas tidur adalah kepuasan seseorang terhadap tidur, sehingga seseorang tersebut tidak memperlihatkan perasaan lelah, mudah terangsang dan gelisah, lesu dan apatis, kehitaman di sekitar mata, kelopak mata bengkak, konjungtiva merah, mata perih, perhatian terpecah-pecah, sakit kepala dan sering menguap atau mengantuk. Kualitas tidur meliputi aspek kuantitatif dan kualitatif tidur, seperti lamanya tidur, waktu yang diperlukan untuk bisa tertidur, frekuensi terbangun dan aspek subjektif seperti kedalaman dan kepulasan tidur. 
Pusing merupakan salah satu masalah keseimbangan yang sering dikeluhkan masyarakat. Pusing yang dikeluhkan pasien seperti perasaan benda sekeliling berputar terhadapnya sekitar 21%, pusing ringan dan hilang timbul sekitar 29%, atau pusing dan menganggap dirinya berputar terhadap sekelilingnya sekitar 13%. Gejala pusing dapat hilang beberapa hari, minggu sampai bulan. Vertigo adalah persepsi dari perasaan bergerak atau berputar terhadap objek di sekitarnya. Kemungkinan penyebab pusing setelah tidur yaitu kurangnya jam & kualitas tidur, stress, riwayat migrain, hipertensi, darah rendah. Hindari kegiatan langsung bergerak saat bangun tidur, lakukan secara perlahan, misal saat bangun tidur jangan langsung duduk atau berdiri, tapi diberikan jarak waktu untuk duduk dan berdiri. Jika keluhan semakin berlanjut segera kontrol ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.