Mencret

Anak saya satu 1 tahun 1 bulan…berat 9 kg lbh.dr kecil saya kasih nutribaby plus asi sampe 6 bulan..seterusnyanpk nutribaby…nah kmrn pas mau 1 tahun mencret tiap bulan udh 3 kali sampe sekrg…apakah anak saya alergi susu atau inteloransi lakstosa??udh ke Dsa cb ganti susu ke nutrilon soya tp msh ttp …cm kondisi anak aktif dan nafsu makam bagus..saya tetap pk soya atau gmn dok?bingungg saya

1 Jawaban Dokter

Halo, sobat.
Pada anak usia 1 tahun, susu bukan merupakan pangan utama seperti anak dibawah usia 6 bulan. Pangan utama pada anak usia 1 tahun adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak seperti yang dimakan oleh orang dewasa. Untuk memastikan alergi susu sapi ataukah intoleransi laktosa perlu dilakukan beberapa test seperti skin prick test (allergen susu sapi), uji toleransi laktosa, uji hidrogen pada nafas, atau pun uji keasaman tinja. Anak dengan curiga alergi susu sapi atau pun intoleransi laktosa memang bisa diberikan susu soya, namun ada juga beberapa kasus anak yang alergi terhadap soya. 
Apabila sobat terus merasa terganggu dengan BAB yang masih mencret setelah mengkonsumsi susu soya, ada baiknya sobat kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk penggantian menjadi susu protein hidrolisat partial atau pun susu hidrolisa sempurna. Selain itu perlu juga dicari penyebab lain anak terus-terusan bab cair, karena penyabab bab cair sangat banyak bukan hanya karena alergi susu. Bab cair pada anak juga dapat disebabkan oleh infeksi, gangguan atau radang pada pencernaan, dan lain-lain.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.