1 Jawaban Dokter

Halo, sobat.
Saya mengerti kekhawatiran sobat. Gejala yang sobat sebutkan diatas mengarah ke penyakit gangguan kecemasan. Ada beberapa jenis gangguan kecemasan, yaitu gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, serta gangguan kecemasan umum atau menyeluruh (GAD). Gejala dan pengobatan gangguan kecemasan pun berbeda-beda, tergantung pada jenisnya.
Gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang serius. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi. Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena gangguan kecemasan, yaitu:

  • Pengalaman negatif yang menyebabkan stres atau trauma psikologis.
  • Keturunan.
  • Gangguan kepribadian
  • Efek samping obat atau zat tertentu, termasuk kafein, dan narkoba.
  • Penyakit tertentu, seperti gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

Pada stres yang berlebihan memang dapat meningkatkan produksi asam lambung yang nantinya apabila asam lambung tersebut mengerosi permukaan dinding lambung akan menyebabkan perih atau pun nyeri. Terkait gejala yang sobat alami, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis jiwa. Apabila hanya mengatasi nyeri lambung saja namun tidak mengobati penyebab awalnya maka asam lambung akan terus-terusan tinggi dikarenakan faktor stres.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.