Sakit dada sebelah kiri, susah tari napas. Jadi saat tarik napas sakit, nyeri, hanya bisa tarik napas pendek2 gak bisa panjang

Saya perempuan 24 tahun. Sering kali sakit bagian dada sebelah kiri. Udh ngerasain sejak SMA dok. Tiba2 sakit aja gitu. Sakitnya nyeri saat tarik napas. Hanya bisa tarik napas pendek2 gak bisa panjang karena sakit. Kadang smpe berbulan2 ga kambuh. Trus kambuh. Kalo kambuh bner2 panik dok takut ga bisa tarik napas. Tapi nanti 10 mnit sembuh. Kira2 kenapa dok.. soalnya selama ini blm pernah ke Rs. Ini barusan aja kambuh trus kepikiran tanya sama ajliny6. Terimakasih dok. Semoga dijawab.

1 Jawaban Dokter

Halo, sobat.
Nyeri di bagian dada kiri yang sobat maksud harus lebih diperinci disebelah mananya dan jenis nyerinya seperti apa. Nyeri dada kiri yang paling banyak ditakutkan adalah nyeri dada yang disebabkan oleh jantung. Nyeri dada pada penyakit jantung koroner biasanya terasa seperti dada di remas, diikat, ada beban berat, dihimpit. Nyeri juga sering menjalar ke dagu, pundak, lengan kiri. Namun, nyeri yang sobat alami sepertinya tidak mengarah ke kelainan jantung dan kemungkinannya kecil.
Nyeri pada dada kiri juga dapat disebabkan oleh gangguan pada otot, paru-paru atau pun gangguan pada lambung. Gangguan pada lambung tidak selalu langsung nyeri pada perut saja, namun dapat juga berupa nyeri tiba-tiba saat menarik nafas dikarenakan paru-paru yang mengembang mendorong kearah lambung. Untuk lebih mengetahui penyebab pasti penyakit yang sobat alami, sebaiknya sobat memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.