grok grok pada anak dan kadang batuk, kadang pipi muncul merah merah

anak saya umur 2 bulan, mengkonsumsi asi dan saya perbantukan sufor,, awal mula pakai sufor bebelove, hidung anak saya bunyi grok grok, saya kurang yakin apakah itu alergi, karena saya juga sering minum air dingin, takute itu pilek biasa. setelah minum sufor bebelove selama 2 minggu akhirnya saya ganti sufor sgm, tetap aja grok2 tdk hilang. akhire saya ganti nutrilon baby soya, eh debay tidak BAB selama 4 hari, akhirnya saya kembalikan ke sgm, debay bisa BAB, tp grok2 mash ada, saya coba sgm ph pro juga begitu tetap sama, saya bingung, yg sy mau tanyakan sufor apa yg cocok utk anak saya, dan apakah anak saya memang alergi susu sapi.

1 Jawaban Dokter

Apakah grok-grok ya mengganggu bu? Mengganggu tidur dan menyusui kah? Ada gejala lain kah? Mengulet berlebihan? Ruam merah, dll

Bila tidak ada, dan hanya terdengar bunyi grok-grok saat napas dan tidak mengganggu tidur atau proses menyusui, serta BB masih naik baik setiap bulannya, mungkin anak ibu hanya mengalami noisy breather. Yaitu napas yang berbunyi pada bayi yang disebabkan saluran napas atas  bayi masih kecil-kecil, sehingga begitu ada lendir sedikit saja langsung bunyi. Umumnya noisy breather ini hilang di usia 4 bulan bu, tetapi bisa menetap dan berangsur hilang sampai usia 1 tahun bu. Anak yang memiliki alergi cenderung lebih mengalami noisy breather memang dibandingkan yang tidak alergi. Bila ragu atau merasa memang batuk pilek lama baiknya di periksa an darah ke lab untuk membedakan dengan adanya infeksi pada anak bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.