Buang air besar dua hari sekali dan tekstur lebih keras

Anak laki -laki usia 2.5 bulan,berat badannya 5.5kg. Dari lahir minum susu sapi, di usia 3 minggu mengalami diare, kemudian saya bawa ke dokter, di kasi obat 2 hari diarenya tidak sembuh malah semangkin sering bab, dokter menyarankan susunya di ganti sgm soya, setelah minum susu sgm soya, bab nya mulai padat, tetapi bab nya tetap aja sering ,selama 24 jam bisa 8 sampai 10 kali, dua minggu kemudian saya bawa ke dokter lg, dokter memberi resep obat interlac, tiga hari minum interlac bab nya sudah normal, namun muncul masalah baru lagi nafasnya mulai berbunyi grok-grok kalau minum susu, bahkan pada saat tidur nafasnya berbunyi, dua minggu kemudian saya bawa lagi ke dokter, di kasi obat dan di sarankan ganti susu nutribaby soya, setelah 1 minggu minum nutribaby soya nafas gorok – groknya mulai hilang, dan saat tidur nafasnya tidak berbunyi lg. Tapi bab nya malah 2 hari sekali dan teksturnya agak padat, terus perutnya kembung, saya bawa lg ke dokternya dikasi obat perut kembung sudah sembuh tapi bab nya masi saja 2 hari sekali dan teksturnya agak keras. Apakah susu nya yang tidak cocok ?

1 Jawaban Dokter

Bayi yang mengkonsumsi sufor atau campur bisa BAB sampai 7x/hari dan bisa tidak BAB sampai 7 hari bu. Selama  perut bayi tidak kembung, anak tidak rewel, minum cukup, masih normal bu. Tetapi bila ditemukan hal-hal tersebut anak harus dibantu ke dokter bu.

Tetapi sepertinya memang ada alergi susu sapi. Susu formula yang boleh diberikan adalah susu sapi terhidrolisat ekstensif seperti pre*gest*mil, nutr*mige*, pept*juni*r, atau susu berbahan dasar asam amino seperti neo*ate. Bisa juga dengan susu soya tetapi 20%anak dengan alergi susu sapi juga mengalami alergi soya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.