1 Jawaban Dokter

Staff 14/10/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Teh hijau memang banyak manfaatnya, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, teh hijau dapat juga memberikan kerugian untuk tubuh kita. Manfaat dari teh hijau yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit. Termasuk kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Sedangkan untuk kerugiannya yaitu : 

  1. Kelebihan kafein, seperti yang kita ketahui, teh mengandung kafein. Kafein ini  dapat menyebabkan efek samping seperti jantung berdebar, sakit perut, gelisah, kecemasan, insomnia, dan tremor.
  2. Gangguan penyerapan zat besi, teh hijaudapat mengikat zat besi, sehingga zat besi justru tidak bisa diserap oleh tubuh.
  3. Kelebihan kalori, Teh hijau memang sehat, tetapi kalau Anda tidak mengonsumsinya dengan bijak, Anda bisa jadi kelebihan kalori. Misalnya jika Anda minum teh hijau dalam kemasan botol atau kaleng yang sudah ditambahi gula dan pemanis. Gula dan pemanis tersebut tentu mengandung kalori.

Minumlah teh hijau dalam batas yang wajar. Jika keluhan berdebar-debar masih  berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam untu k penanganan lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.