1 Jawaban Dokter

Staff 14/10/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Hiperurisemia atau asam urat adalah keadaan dimana terjadi peningkatan kadar asam urat serum di atas normal. Pada sebagian besar penelitian epidemiologi, disebut sebagai hiperurisemia jika kadar asam urat serum orang dewasa laki-laki lebih dari 7,0 mg/dl dan lebih dari 6,0 mg/dl pada perempuan. Prevalensi hiperurisemia meningkat di atas usia 30 tahun pada pria dan di atas usia 50 tahun pada wanita. Hal ini disebabkan oleh karena terjadi proses degeneratif yang menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Penurunan fungsi ginjal akan menghambat eksresi dari asam urat dan akhirnya menyebabkan hiperurisemia.  Hiperurisemia yang lama dapat merusak sendi, jaringan lunak dan ginjal.
Faktor yang dapat mempengaruhi hiperuresemia yaitu : 

  1. NutrisiMakanan dengan kadar purin tinggi (150 – 180 mg/100 gram) antara lain jeroan, daging baik daging sapi, babi, kambing atau makanan dari hasil laut (sea food), kacangkacangan, bayam, jamur kembang kol, sarden, kerang, minuman beralkohol.
  2. Obat-obatan,  Obat-obatan diuretika, obat kanker, vitamin B12 dapat meningkatkan absorbsi asam urat di ginjal sebaliknya dapat menurunkan ekskresi asam urat urin.
  3. Obesitas.  Kelebihan berat badan (IMT ≥ 25kg/m²) dapat meningkatkan kadar asam urat dan juga memberikan beban menahan yang berat pada penopang sendi tubuh.
  4. Usia,  kejadian ini meningkat pada laki – laki dewasa berusia ≥ 30 tahun dan wanita setelah menopause atau berusia ≥ 50 tahun, karena pada usia ini wanita mengalami gangguan produksi hormon estrogen.

Cara untuk mencegah hiperuresemia yaitu : 

  1. Diet
  2. Menjaga berat badan untuk tidak obesitas
  3. Hindari minum alkohol
  4. Hindari makan makanan yang dapat menimbulkan hiperuresemia
  5. Banyak minum air
  6. Banyak makan buah yang rendah purin (seperti strawberry, blueberry, pisang, leci)
  7. Minum obat atau suplemen sesuai dengan anuran dokter

Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.