Tentang penggunaan susu

Pagi dok, saya ingin bertanya kenapa susu nutribaby royal 1 harus di habiskan dalam waktu 2minggu setelah kemasan di buka? Jika tdk habis bagaimana dok,krn anak saya minum sufor hanya untuk menyambung. Terimakasih dok

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Susu formula sangat rentan terkena mikroorganisme jika tidak disimpan dengan sempurna. Label harus dihabiskan dalam waktu 2 minggu adalah saran penggunaan dari pabrik susu agar kondisi susu tetap optimal. Semakin lama susu disimpan maka dikhawatirkan bakteri atau pun jamur akan berkembang biak semakin banyak dan susu akan menjadi rusak apabila cara penyimpanan kurang baik.

  • Tempatkan susu bubuk pada wadah yang bersih, kedap udara, kering, dan bebas bau. Susu bubuk dapat menyerap bau dari udara dan bisa mengubah rasa susu.
  • Tempatkan susu bubuk dalam tempat penyimpanan yang sejuk. Tempat penyimpanan yang terlalu panas atau dingin, keduanya dapat menurunkan kadar nutrisi dalam susu.
  • Usahakan wadah susu bubuk sebaiknya tidak tembus cahaya. Jika wadah tembus cahaya, sebaiknya lapisi dengan alumunium foil atau apapun yang bisa menghalangi cahaya agar tidak masuk. Paparan cahaya dapat merusak vitamin dan mineral penting pada susu.
  • Hindari menyimpan susu bubuk dalam kulkas atau lemari es, freezer, atau tempat lain yang lembab. Kelembaban hanya akan membuat susu bubuk menggumpal, yang mungkin menyebabkan susu bubuk lebih terkonsentrasi.
  • Setelah Anda membuka wadah susu bubuk, pastikan menutupnya kembali dengan benar. 
  • Selalu perhatikan kondisi susu bubuk sebelum menggunakannya. Perhatikan apakah terdapat perubahan warna, bentuk (menggumpal), atau pun bau. Bila terdapat perubahan dari kondisi awal, sebaiknya susu tidak digunakan lagi karena dikhawatirkan sudah terkontaminasi.

Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.