1 Jawaban Dokter

Staff 28/09/2019
Public

Selamat malam, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Mempunyai buah hati merupakan suatu keinginan yang di nanti-nanti dari setiap pasangan suami istri. Infertilitas dapat terjadi dari pihak suami atau istri, bahkan dapat terjadi di kedua pihak.
Penyebab infertilitas pada pria yaitu gangguan hormonal, adanya infeksi pada saluran sperma, varikokel (pelebaran pembuluh darah pada skrotum/kantung), torsio testis (testis memutar di dalam skrotum secara ekstrem), penyakit genetik, impotensi, ejakulasi dini, keganasan pada testis, dan merokok.
Sedangkan penyebab infertilitas pada wanita yaitu usia (tingkat kesuburan wanita menurun pada usia 30an akhir), merokok, berat badan yang naik atau turun secara signifikan dapat menghambat proses ovulasi, minum minuman ber-alkohol, gangguan hormonal, saluran tuba tidak paten (ada sumbatan), endometriosis, dan keganasan.
Tiap wanita mempunyai siklus haid berbeda-beda. Secara umum ovulasi terjadi 12-14 hari sebelum menstruasi. Rata-masa subur wanita hari ke 10-17 dari hari haid pertama. Tanda lainnya untuk mengetahui masa subur yaitu suhu basal tubuh naik, keluar cairan lendir dari vagina berwarna putih bening seperti putih telur, gairah seks meningkat.
Alangkah baiknya jika kedua pihak di periksa penyebab infertilitasnya. Kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis kandungan sub spesialis infertilitas (Sp.OG KFER) untuk mengetahui penyebab infertilitas dan penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.