1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Saya mengerti kekhawatiran yang sobat alami. Perlu diketahui bahwa batuk merupakan mekanisme untuk membersihkan saluran napas dari lendir dan benda asing, seperti : debu, asap rokok, makanan, dan lain-lain.  Namun, apabila batuk berlangsung terus menerus dengan frekuensi yang sering, disertai dengan demam, nyeri tenggorokan, mengeluarkan dahak kental bahkan berubah warna menjadi kuning, hijau atau pun merah, maka sobat perlu lebih mewaspadi batuk tersebut.
Untuk batuk kering sendiri banyak sekali penyebabnya mulai dari adanya zat iritan (debu, asap rokok, asap kendaraan, dll) maupun infeksi baik oleh virus atau pun bakteri. Mengingat kondisi Indonesia akhir-akhir ini banyak diselimuti kabut asap, bisa saja kabut asap tersebut menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya batuk pada sobat. 
Beberapa hal berikut ini bisa membantu untuk meredakan batuk :

  1. Membuat tenggorokan tetap lembab : menghirup uap air hangat, menggunakan pelembab udara, dll
  2. Mengkonsumsi minuman atau pun makanan yang bisa melegakan tenggorokan seperti : perasan air lemon + madu, perment min, sop hangat, dll
  3. Memenuhi kebutuhan cairan
  4. Mengonsumsi obat pereda batuk : ada beberapa obat batuk berlogo hijau yang bisa dibeli secara bebas
  5. Bila sobat mengalami batuk yang sangat mengganggu bahkan sampai demam, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sobat juga dapat membaca artikel berikut ini : artikel satu dan artikel dua

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.