1 Jawaban Dokter

Staff 16/09/2019
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Hepatitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit hepatitis banyak jenisnya yaitu A,B,C,D, dan E. Sebelumnya Sobat harus tau lebih dahulu penyakit hepatitis tipe apa yang diderita teman kost anda.
Hepatitis A, disebabkan oleh Virus Hepatitis A (HAV), penularan secara fekal oral, biasanya hal ini terjadi karena faktor hygien yang buruk, penyakit ini bersifat akut dan biasanya sembuh sendiri. Gejala bersifat akut, berupa demam, sakit kepala, mual dan muntah, kulit menjadi kuning, air seni seperti teh pekat. Pengobatannya atasi gejala yang di keluhkan, serta pencegahannya dengan melakukan makan makanan yang bersih, cuci tangan menggunakan sabun sebelum melakukan aktivitas, dan dapat diberikan vaksinansi untuk hepatitis A.
Hepatitis B, disebabkan oleh virus hepatitis B golongan virus DNA ( HBV), penularannya dapat terjadi secara perinatal (bayi tertular setelah dilahirkan dengan ibu positif hepatitis B) transfusi darah, jarum suntik yang tercemar, pisau cukur, tatto, dan tranplantasi organ. Gejala yang timbul rasa lesu, nafsu makan berkurang, demam ringa, nyeri perut bagian kanan, tubuh dapat menjadi kuning, air seni seperti teh. Hepatitis B dapat bersifat akut dan kronik. Pengobatannya sesuai  dengan gejala yang di keluhkan, serta pencegahannya, pastikan jarum suntik yang digunakan steril, 1 jarum suntik untuk 1 orang, dan dapat diberikan vaksinasi hepatitis B. Kini tersedia vaksinasi combo yaitu campuran dari vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B.
Hepatitis C, disebabkan virus hepatitis C golongan virus RNA (HCV), penularan melalui cairan tubuh dan darah. Penularan dapat terjadi via jarum suntik, transplantasi organ, hubungan seks bebas. Penyakit ini dapat bersifat kronik. Pengobatannya dapat diberikan antivirus, serta pencegahanya hindari seks bebas, dan pastikan jarum yang digunakan steril. Saat ini hepatitis C belum ada vaksinnya.
Hepatitis D, disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV), hanya saja virus ini membutuhkan virus hepatitis B untuk berkembang biak, sehingga hanya orang yang terinfeksi hepatitis B yang dapat mengidap hepatitis D. Pada umumnya hepatitis D bersifat jarang hanya saja paling berbahaya. Saat ini hepatitis D belum ada vaksinnya, tetapi otomatis akan terlindungi jika diberikan imuniasasi hepatitis B.
Hepatitis E, disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV), penularan secara fecal-oral (sama seperti dengan hepatitis A), gejalanya seperti flu, kulit menjadi kuning. Pengobatan sesuai dengan gejala yang dikeluhkan, pencegahannya sama seperti dengan hepatitis A, hanya saja hepatitis E belum ada vaksinnya.
Jika sudah diare selama 1 minggu, saya sarankan untuk kontrol ke dokter umum atau untuk mengetahui apakah anda tertular atau tidak disarankan untuk ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut. Saat diare usahakan untuk tidak dehidrasi, banyak minum, dan makan makanan yang lunak. Jika ingin mengetahui informasi tentang vaksinasi hepatitis Sobat dapat menghubungi tim kami “Maya CS” ke nomor 08111816800.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.