Luka tersiram air panas

anak saya usia 3thn terkena air panas di hidung dan keningnya. ada luka yg terbuka dan ada luka yg menggelembung. pada luka yg terbuka sya teteskan betadine sedangkan luka yang menggelembung saya oleskan bioplacenton pada hari kedua kejadian. saya belum membawa berobat kedokter.
1. bolehkah mengoleskan bioplacenton pada luka yg terbuka?
2. bagaimana cara menghikangkan luka kemerahan bekas lukanya?
3. perawatan apa lagi yg harus saya lakukan?
terima kasih dok atas penjelasannya

1 Jawaban Dokter

Staff 02/09/2019
Public

Selamat siang, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Luka bakar adalah kerusakan pada kulit diakibatkan oleh panas (air panas, uap, api, minyak), kimia (asam sulfat, natrium hidroksida), listrik (voltage tinggi, petir), atau radio aktif. Berikut grade pada luka bakar : 

  1. Grade 1, kulit kemerahan, nyeri sekali
  2. Grade 2, terdapat benjolan berupa cairan atau nanah, bengkak, merah,  basah, mengkilap, sangat nyeri
  3. Grade 3, luka merah keputihan atau hitam ke abu-abuan, tidak nyeri.

Sebelumnya kita harus mencari tahu berapa grade dan persentase luka bakar yang dialami. Jika grade lebih dari dua atau persentase luka bakar >10% harap segera bawa ke rumah sakit terdekat. Jika kulit masih utuh, bersihkan dengan larutan antiseptik secara perlahan tanpa merobeknya. Jika kulit tidak utuh, hati-hati bersihkan luka bakar. Kulit yang melepuh harus dikempiskan dan kulit yang mati dibuang. Berikan antibiotik topikal/antiseptik, bersihkan dan balut luka setiap hari. Luka bakar kecil atau yang terjadi pada daerah yang sulit untuk ditutup dapat dibiarkan terbuka serta dijaga agar tetap kering dan bersih. Namun tidak ada salahnya untuk kontrol ke dokter anak untuk mengetahui cara membersihkan luka yang baik dan benar serta penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.