Kenapa anak saya tidak mau minum sufor

Anak perempuan usia 8 bulan, bb 7kg. Tidak mau minum susu sufor sama sekali. Pertama sy kasih sgm masuk sedikit muntah, sekarang ganti bebelove masuk dikit biligidig, apakah aanak saya alergi sufor?

1 Jawaban Dokter

Bila meninjau pada KMS (Kartu Menuju Sehat yang sering ada di posyandu / puskesmas), umur 8 bulan dengan berat badan 7kg masih masuk kategori gizi cukup. Namun sobat harus berhati-hati untuk tetap menimbang setiap bulan berat badan anak sobat dan memantau apakah kurva berat badan akan terus naik yang menandakan normal, atau justru malah flat atau pun turun (yang menandakan kurang gizi).
Alergi susu sapi dapat terjadi karena reaksi abnormal dari sistem imun tubuh ketika kontak dengan zat alergen (protein pada susu sapi). Anak yang mengalami alergi susu sapi biasanya akan menunjukkan gejala seperti muntah, gangguan pernafasan seperti batuk, napas berbunyi atau mengi, mengalami gangguan pencernaan, serta gatal – gatal pada kulit.  Tidak ada obat untuk menghilangkan alergi susu formula sapi. Anak dengan alergi susu sapi harus dihindarkan dengan produk dari olahan susu sapi maupun turunannya (keju, yogurt, dll.)
Ada berbagai macam jenis susu yang bisa digunakan pada anak dengan alergi susu sapi, seperti susu formula hidrolisis ekstensif, susu berbasis asam amino, dan susu soya. Untuk menentukan susu mana yang cocok untuk anak sobat, sebaiknya melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak. Selain itu, anak umur 8 bulan sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping ASI, sehingga sebaiknya sobat tidak hanya terfokus dengan susu saja melainkan MPASI juga untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.
Terima kaish banyak. Semoga membantu.
 
Sobat juga dapat membaca artikel berikut ini : link
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.