1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Nyeri dada merupakan salah satu kelainan yang sering dikeleuhkan oleh pasien. Sebelumnya sifat nyeri dada mengenai lokasi, penyebaran, lama nyeri serta faktor
pencetus yang dapat menimbulkan nyeri dada.
 Sifat nyeri apakah besifat tajam atau tumpul, nyeri bersifat tajam seperti ditusuk-tusuk, sedangkan nyeri bersifat tumpul seperti luka memar, nyeri semakin memberat atau tidak saat menarik nafas. Lokasi nyeri apakah nyeri pertama kali timbul di dada kiri atau dada kanan, atau punggung. Penyebaran nyeri yang dirasakan dapat menyebar ke ketiak, lengan atas, punggung, leher, rahang, bahkan ke bagian dada yang lain. Lama nyeri yang dirasakan menetap atau hilang timbul. Berikut nyeri berdasarkan organ di dada : 

  1. Jantung, Nyeri dada kiri, menjalar ke ketiak atau lengan atas, nyeri menjalar ke ulu hati, leher, gigi, dan rahang. Nyeri dapat timbul saat melakukan aktivitas maupun saat sedang istirahat. Dapat disertai dengan sesak nafas dan keringat. Biasanya pada penderita dengan riwayat darah tinggi dan hiperkolesterol. Harus dilakukan pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk mendukung keluhan.
  2. Saluran pencernaan, Nyeri di ulu hati, dapat menjalar ke punggung dan lengan, nyeri terasa panas, disertai mual atau muntah, perut terasa begah.
  3. Otot, Nyeri timbul setelah aktivitas fisik. 
  4. Paru-paru, Nyeri bertambah jika menarik nafas atau batuk.

Dikarenakan kami tidak melakukan pemeriksaan fisik, kami tidak dapat memastikan penyebab nyeri dada. Jika nyeri dada berlanjut dan semakin sering, kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis jantung atau jika ada gejala seperti pada bagian jantung segera ke IGD terdekat.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.