Anak sering muncul kemerahan di daerah kepala bagian rambut serta badannya panas

Saya curiga, apa karena susu?? Soalnya semenjak minum susu jd sering mngalami ruam.. Saya pikir biang keringat. Soalnya kadang jg tdk muncul.

1 Jawaban Dokter

Staff 03/08/2019
Public

Terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Kulit pada bayi lebih tipis daripada orang dewasa (40-60%), kurang berambut, dan memiliki perlekatan antara epidermis dan dermis yang lemah. Bayi memiliki risiko terjadinya luka pada kulit, absorpsi perkutaneus, dan infeksi pada kulit yang lebih tinggi. Ruam atau bintik merah pada kulit bayi adalah hal yang biasa terjadi. Ini berarti kulit sensitif bayi sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Kebanyakan ruam dan bintik merah tersebut tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Berikut ruam kulit yang seringdijumpai pada bayi : 

  1. Eksim, Eksim menyebabkan kulit bayi menjadi gatal, kering, merah, dan pecah-pecah. Eksim biasanya disebabkan oleh kulit sensitif atau alergi. Pada umumnya, eksim muncul pada lipatan kulit, seperti di belakang lutut, lipatan siku, lipatan leher, dan daerah di sekitar mata dan telinga.
  2. Ruam popok, biasa terjadi ketika kulit bayi terlalu lama terkena urine atau feses. 
  3. Penyakit tangan, kaki, dan mulut, Ditandai dengan demam, kehilangan nafsu makan, sakit tenggorokan, nyeri di mulut, dan ruam yang tidak terasa gatal. Penyakit ini menimbulkan ruam atau bintik merah di tangan dan kaki, serta sariawan di mulut. Penyakit ini juga dapat muncul di area bokong bayi.
  4. Biduran, atau urtikaria adalah kemerahan atau ruam gatal pada kulit yang muncul sebagai reaksi alergi terhadap benda atau zat tertentu seperti makanan, obat-obatan, sengatan jelatang, lebah, dan suhu dingin atau panas. 
  5. Impetigo, adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Impetigo dimulai dengan kemunculan ruam dan lepuh yang pecah, hingga meninggalkan kerak tebal berwarna kuning kecokelatan dan menciptakan luka atau lecet yang berwarna merah.
  6. Milia, yaitu bintik-bintik putih yang muncul di hidung, dagu, kelopak mata, atau pipi.
  7. Biang keringat, Bintik merah pada kulit bayi ini biasa muncul ketika cuaca terasa panas dan lembap, serta bayi berpakaian terlalu tebal

Jika memang benar karena alergi, harus menghindari faktor pencetusnya. Jika semakin berlanjut segera kontrol ke dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.