menghilangkan spot putih di wajah saya

jadi dok, sebelumnya saya pernah berkonsultasi ke dokter kulit. kata dokternya, saya alergi terhadap sinar matahari. jadi di muka saya itu ada spot yang lebih terang di kulit wajah saya, itu dari 3 tahun yang lalu belum hilang juga. sekarang saya sudah menggunakan obat khusus, namun belum hilang juga, memang belum 1 bulan pemakaian sih dok

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Mungkin bercak putih dan alergi matahari yang sobat maksud adalah Ptiriasis alba. Ptririasis alba adalah kondisi medis dimana terdapat bercak-bercak bersisik (sukama) halus dengan disertai hipopigmentasi (warna kulit memudar, lebih sering terlihat putih). Meski dapat menyerang semua jenis kulit, namun Ptiriasis alba lebih sering pada orang berkulit gelap. Ptiriasis alba ini merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri meskipun sangat lama. Ptiriasis alba bisa sembuh, namun penyembuhan membutuhkan waktu yang lama, terlebih lagi Piriasis alba yang sobat alami telah berlangsung 3 tahun.
Beberapa hal berikut dapat sobat lakukan untuk mengurangi keaktifan Ptiriasis alba sehingga tidak semakin melebar :

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Gunakan tabir surya sebelum keluar rumah / terpapar matahari dan lakukan pengulangan penggunaan setiap 4 jam
  • Hindari penggunaan bahan-bahan skincare atau sabun cuci muka yang dapat menimbulkan alergi
  • Kontrol rutin ke spesialis kulit untuk memantau perkembangan penyakit atau pun butuh penambahan terapi. Penyakit ini membutuhkan waktu untuk mengembalikan warna kulit, sehingga kepatuhan terhadap terapi sangat diperlukan.

Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.