1 Jawaban Dokter

Halo, sobat.
Fraktur atau patah tulang dapat terjadi apabila tulang dihantam oleh kekuatan yang melebihi daya tahan tulang itu sendiri, seperti kecelakaan, terjatuh dari tempat tinggi, terpeleset dengan tumpuan yang salah, cedera olahraga, dll. Pada patah tulang biasanya akan diawali dengan rasa nyeri dan diikuti dengan memar, bengkak, bahkan bisa terjadi luka dan terlihat tulang yang menonjol.
Terdapat berbagai jenis patah tulang, mulai dari tertutup, terbuka, fraktur sederhana yang hanya terbelah dua bahkan sampai yang terbelah berkeping-keping, dan lainnya. Untuk penanganan setiap patah tulang pun berbeda tergantung jenis frakturnya. Apabila sobat telah mengetahui tulang telah bergeser 5cm melalui hasil radiologi, maka langkah selanjutnya yang dapat sobat lakukan adalah melakukan operasi agar tulang dapat kembali disatukan. Masa penyembuhan setelah operasi tulang sangat bervariatif. Patah tulang yang tertutup akan lebih cepat sembuh dibandingkan patah tulang terbuka. Selain itu, umur dan asupan gizi pun berpengaruh terhadap kecepatan penyembuhan. Makin cepat penanganan, maka akan semakin bagus hasilnya dan tulang bisa kembali menyatu.
Selain itu, saya tidak menyarankan sobat untuk mendatangi dukun patah tulang atau sejenisnya. Melakukan pengurutan pada area patah dapat menyebabkan terjadi komplikasi, salah satunya sindrom kompartemen.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.