BAB bayi 10 bulan lembek dan berlendir

Hai dok, anak saya berumur 10 bulan, baru dua hari sembuh dari diare. Tapi hari ini kenapa BABnya jadi lembek lagi dan ada lendirnya? Tapi anaknya tidak demam, tidak lemas dan tidak rewel. Makan minum pun masih mau malah minumnya lebih banyak dari biasanya. Fyi, anak saya minum asi dan sufor merk frisian flag. Anak saya juga sudah sebulan ini ileran dok, banyak banget. Apa mungkin karena mau tumbuh gigi? Penanganan pertamanya seperti apa ya dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa derajat konsistensi feses / pup mulai dari yang keras sampai benar-benar cair. Apabila feses konsistensinya masih lunak dan frekuensi belum lebih dari 3x maka belum termasuk kategori diare. Namun, perlu diperhatikan masalah lendir yang keluar ketika bab. Apakah lendir tersebut muncul dalam jumlah banyak dan disertai bau busuk? karena salah satu gejala diare yang disebabkan oleh bakteri adalah munculnya lendir pada bab, dengan disertai bau busuk dan konsistensi bab yang cair.
Karena anak sobat minum susu formula, maka perlu dicurigai juga adanya alergi susu sapi atau pun intoleransi laktosa. Bab lunak dan berlendir tidak selalu menunjukan infeksi pada pencernaan namun juga adanya intoleransi laktosa atau alergi pada susu. Untuk lebih memastikan, ada baiknya sobat berkonsulasi langsung dengan spesialis anak terkait masalah ini. Penangan pertama pada kasus bab lembek atau curiga diare, sobat dapat memberikan oralit kepada anak untuk menggantikan cairan yang hilang.
Terima kasih banyak. Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.