Terdapat Benjolan Di Payudara

Di payudara sebelah kiri istri ada benjolan. Usia istri 27 Th, dulu pernah periksa di Dokter spesialis Bedah RSUD Tangsel di Diagnosa Tumor Jinak. saat itu istri sedang menyusui anak pertama saat melakukan pemeriksaan. dan setelah selesai ASI benjolan itu hilang, saat ini istri menyusui anak kedua dan benjolan tersebut muncul lagi. sering merasakan nyeri pada payudara sebelah kirinya.

1 Jawaban Dokter

Staff 31/07/2019
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Benjolan pada payudara memang sangat mengkhawatirkan kaum wanita. Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh banyak hal. Benjolan karena adanya infeksi, benjolan karena ketidakseimbangan hormon, benjolan yang jinak dan benjolan yang ganas. 
Benjolan pada infeksi misalnya Mastitis. Mastitis adalah kondisi radang akut yang nyeri, biasanya pada ibu yang menyusui, hal ini terjadi karena hygiene yang buruk pada payudara. Pada mastitis dapat disertai dengan adanya benjolan yang keras.
Benjolan yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yaitu Fibrokistik. Fibrokistik adalah yang kemungkinan besar penyebabnya yaitu ketidakseimbangan hormon estrogen. Jika hormon estrogen meningkat pada waktu akan ovulasi, maka payudara akan menjadi bengkak, penuh dan terasa berat. Pada fibrokistik ini dapat disertai dengan nyeri, ukuran benjolan yang berubah-ubah, kenyal, dan tidak berbatas tegas.
Benjolan yang disebabkan karena tumor jinak yaitu FAM (FibroAdenomaMamae). FAM merupakan benjolan yang paling banyak ditemukan. Benjolan bersifat mobile atau dapat digerakkan, tidak nyeri tekan, kenyal seperti karet, berukuran 1-4cm, banyak ditemukan pada payudara kiri pada wanita yang right handed. Benjolan ini dapat membesar 1cm pada saat haid, kehamilan, laktasi, atau pengguna kontrasepsi oral. 
Benjolan yang disebabkan karena tumor ganas yaitu kanker payudara. Biasanya penderita kanker payudara mengalami gejala adanya benjolan yang keras pada payudara, awalnya benjolan kecil tapi lama kelamaan membesar, kulit payudara seperti jeruk yang mengkerut, puting tertarik ke dalam, dan payudara mudah berdarah. 
Pada umumnya benjolan di payudara harus dilakukan operasi dan benjolannya di lihat dengan menggunakan mikroskop untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Namun oprerasi ini sesuai indikasi. Jika nyeri dapat diberikan obat anti nyeri yang aman untuk ibu menyusui dan kompres air hangat. Kami sarankan untuk tetap kontrol ke dokter spesialis bedah untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.